Kamis, 11 April 2013

Daging yang halal dan yang tidak


Bentuk kegiatan : Diskusi
Masalah               : -Yakinlah kamu dengan kehalalan daging impor atau daging yang dijual umum?
                                 -Bagaimana sikap kamu terhadap permasalahan-permasalahan penyembelihan binatang ?
Kegiatan              : Berpikir tentang kehalalan daging yang dijual di pasar dan penilaian skala sikap.
Diskusikanlah permasalahan-permasalahan di bawah ini dan berikanlah alasan!
Berbagai jenis daging hewan banyak dijual di mal atau swalayan-swalayan. Dari jenis binatangnya memang halal dimakan, seperti daging ayam, sapi, dan sejenisnya. Permasalahannya apakah binatang-binatang itu di sembelih sesuai ajaran islam atau tidak, kita sama sekali tidak tahu. Kamu pun belum menelusuri dan mengetahui proses yang sebenarnya sekalipin diberi label “Dijamin Halal”.
1.) Bagaimana pendapatmu terhadap kasus diatas ?
è Menurut saya : Jika kita ingin membeli daging, pastikan ada label halalnya. Dan jika kita ingin memakannya, harus membaca do’a sebelum makan.
2.) Apakah dibenarkan mengkonsumsi barang yang halal, tetapi belum menghargai secara pasti halalnya dipandang dari sudut syariat islam ?
è Tidak benar, karena yang ada label halal juga belum tentu halal, karena daging hewan import di negara kita berasal dari negara non-Muslim. Dan ketika orang tersebut menyembelihnya pasti belum membaca doa terlebih dahulu yang sesuai syariat islam
3.) Daging hewan impor kebanyakan berasal dari negara non-Muslim, sehingga kita dapat meragukan label kehalalannya. Bagaimanakan sikap yang harus dilakukan?
è Harus memastikan terlebih dahulu dan menanyakan daging tersebut halal atau tidak.
4.) Tindakan apa yang paling baik kita lakukan? Berikan alasan-alasannya!          
èLebih hati-hati dalam membeli daging dan ketika memakannya harus membaca terlebih dahulu supaya yang tidak halal akan di halalkan oleh Allah :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar